Monday 1 July 2013

Tips membeli laptop

Membeli laptop baru biasanya gampang-gampang susah, hal ini dikarenakan karena banyaknya merek-merek baru dan model-model dan fitur baru yang tentunya akan membuat bingung calon pembeli. Nah karena itu disini saya mencoba untuk memberikan tips yang bisa dijadikan pandangan untuk membeli laptop baru.

1. Sesuaikan budget
Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam membeli barang apapun apalagi laptop. dengan menyesuaikan budet tentunya kita akan bisa mengira-ngira produk apa yang akan kita beli. kemudian merek yang akan kita beli dan juga spesifikasi yang akan kita dapat. Misal kita mempunyai budget 2.5 juta tentunya tidak afdol kalau kita ingin laptop dengan spesifikasi high-end prosesor core i7 misalnya, lain halnya kalau kita mempunyai budget 10 juta atau lebih tentunya kita bisa bebas memilih spesifikasi gamer.

2. Sesuaikan penggunaan
Sebelum membeli kita juga harus menentukan penggunaan laptop nantinya, apakah untuk bermain game, untuk multimedia, atau cuma untuk office. Jika kita membutuhkan laptop untuk game maka sebaiknya kita lebih memprioritaskan VGA laptop daripada processor, sebagai contoh saya buat perbandingan laptop asus a43sj seharga 4,3 juta dengan spesifikasi utama
processor : intel b950 2,2 Ghz
VGA        : nvidia GT520M
dibanding dengan asus A45A dengan harga relatif sama dengan spesifikasi utama
processor : intel core i3 2,4 Ghz
VGA        : intel HD 3000
dari spesifikasi diatas kalau dibandingkan bisa dilihat kalau asus a43 sj lebih unggul di VGA yang tentunya akan lebih mendukung untuk game daripada asus a45a yang cuma berVGA intel HD. Namun jika cuma untuk kebutuhan office atau multimedia mungkin asus A45A akan lebih mendukung, hal ini dikarenakan processor intel core i3 lebih hemat battery yang memungkinkan Anda bisa lebih lama dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

3. Jangan termakan merek
Merek itu penting tapi bukan segala-galanya. Apalagi jika budget Anda terbatas maka saran saya abaikan merek dan pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. sebagai contoh jika Anda memilih laptop sony vaio SVF14212S seharga 5,6 jtan dengan spesifikasi :
prosesor : intel core i3 1.8Ghz
memory : 2GB DDR3
VGA      : Intel HD 4000

bandingkan jika Anda membeli Asus A45VD seharga 5,4 jtan Anda akan mendapat spesifikasi :
prosesor : intel core i3 2.4 Ghz
memory : 2GB DDR3
VGA      : Nvida Gforce 610

disini bisa dilihat kalau asus A45VD terlihat jauh lebih powerful baik untuk gaming ataupun office dibanding vaio. Namun jika Anda lebih mementingkan style maka saya sarankan untuk memilih vaio karena modelnya lebih bagus dan relatif lebih tipis.

4. Perhatikan garansi
Ini juga ada baiknya Anda tanyakan dulu ke penjual laptop terlebih dahulu. termasuk mencakup proses klaim garansi, cakupan garansi, dan lama garansi. Hal ini biar nantinya Anda tidak merasa dipersulit dalam proses garansi. selain itu saran saya ada baiknya Anda lebih memilih laptop yang di kota Anda terdapat service centernya sehingga kalau mau mengklaim garansi bisa lebih mudah.

sekian tips dari saya semoga bisa bermanfaat.
baca juga
tips memilih handphone yang tepat
tips memilih mobil zaman sekarang
tips membeli barang

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources