Saturday 13 July 2013

Waktu yang tepat untuk mengisi BBM

Saya yakin tidak banyak yang tahu jika diantara waktu mengisi BBM ada waktu yang terbaik untuk mengisinya, waktu terbaik itu antara lain:

1. Isi BBM pada pagi hari hari
Hal ini dikarenak
an ketika pagi hari ketika suhu bumi dingin, maka jarak antar molekul BBM akan merapat atau mudahnya BBM menjadi lebih kental atau lebih pekat. Dan ini akan berakibat jika suhu lingkungan naik maka molekul BBM akan merenggang dan BBM tentunya akan lebih encer, sehingga ketika kita mengisi di siang hari, belum pasti angka yang tertera di pompa sama persis dengan jumlah BBM yang masuk ke tangki ketika kita mengisinya pada waktu pagi hari. Mudahnya mengisi BBM di pagi hari akan mendapatkan BBM lebih banyak daripada di siang hari.

2. Jika SPBU sedang dilakukan pengisian pada tangki penyimpanan, maka sebaiknya Anda menghindarinya dan mencari SPBU lain. Hal ini dikarenakan ketika dilakukan pengisian tangki penyimpanan maka kotoran yang ada didasar tangki penyimpanan akan terangkat dan ini menyebabkan kotoran itu masuk kedalam tangki Anda dan itu bisa menyebabkan penyumbatan disaluran bahan bakar.

3. Minta kepada petugas SPBU untuk tidak menekan keran BBM untuk posisi paling cepat, tapi lebih baik mengisi tangki perlahan. Pengisian cepat hanya akan memicu terjadinya penguapan ketika BBM terpompa dari tangki penyimpanan. Lebih bagus mengisi tangki mobil dengan perlahan karena cairan BBM tidak akan menguap. Padahal uap dari BBM itu akan kembali masuk ke tangki penyimpanan BBM milik SPBU, sementara BBM yang masuk ke tangki mobil sudah berkurang.

4. Jangan mengisi BBM ketika tangki benar - benar kosong
 Ketika tangki sudah hampir kosong maka udara akan masuk, dan jika udara terlau banyak masuk dan dibiarkan dalam waktu lama maka udara bisa terkondensasi menjadi titik-titik air yang jika terkumpul bisa menjadi banyak dan akan membuat tangki cepat keropos. Selain keropos udara yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan BBM yang masuk ke dalam tangki akan menjadi cepat menguap, dan penguapan ini yang lebih cepat ini tentunya akan merugikan Anda.

5. Perhatikan meteran ukur SPBU
Tips terakhir adalah selalu perhatikan meter ukur SPBU, hal ini dikarenaka seringkali ada petugas nakal yang tidak mengisi BBM sebagaimana mestinya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources