Monday 1 July 2013

Pengertian inflasi

Inflasi, ya mulai dari kemarin sebelum BBM resmi dinaikkan sampai sekarang sudah benar-benar naik kata-kata ini ini sering terdengar di telinga kita mulai dari TV, surat kabar, radio semua membahas tentang inflasi. Kita pun sebagai masyarakat biasa cuma mengikuti berita saja tanpa tahu apa pengertian inflasi sebenarnya. Nah disini saya mencoba untuk memberikan pengertian yang mudah untuk dipahami.

Pengertian inflasi saya coba kutip dari wikipedia "inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang" Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu.

Dari pengertian dari wikipedia maka bisa saya simpulkan inflasi adalah menurunnya nilai mata uang yang disebabkan oleh naiknya nilai barang, ini bisa disebabkan karena antara lain naiknya BBM, kelangkaan barang, jebloknya kurs mata uang dll. Mudahnya, jika dulu sekitar 15 tahun yang lalu atau waktu saya SD saya bisa membeli nasi bungkus seharga Rp.100 maka sekarang saya harus membelinya seharga Rp.5000 maka ini bisa dikatakan nilai uang menurun dibanding nilai barang dan kalau kata orang jawa"rego-rego mundak kabeh"

terimakasih semoga berguna.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources