Friday 1 November 2013

Rambu lalu lintas paling sering dilanggar beserta alasannya


Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan yang mana diperuntukkan untuk kenyamanan bersama pengguna jalan. Namun di negara ini sesuatu yang sifatnya "memaksa" cenderung untuk kita langgar dan bahkan kita sendiri kadang tidak merasa apakah melanggarnya atau tidak,  berikut ini adalah beberapa larangan rambu lalu lintas yang paling sering kita langgar.

1.Rambu larangan putar balik
Rambu ini berisi larangan berbalik arah atau putar balik untuk kendaraan bermotor maupun tidak bermotor, beberapa pengguna jalan yang melanggar rambu ini kebanyakan beralasan kalau "putar baliknya jauh", atau "gak papa lah lagi sepi ini", atau yang lebih parah "gak ada polisi ini".

2. Rambu larangan berhenti
Rambu ini berisi larangan untuk berhenti sampai rambu berikutnya, biasanya para pelanggar akan beralasan cuma berhenti untuk mencocokkan alamat, atau alasan cuma berhenti bentar nunggu teman.

3. Rambu larangan parkir
Rambu ini berisi larangan parkir sampai rambu berikutnya, sama seperti diatas biasanya para pelanggar rambu ini akan beralasan "saya gak parkir cuma berhenti bentar nunggu teman" dan biasanya sipelanggar sebelum berhenti akan celingukan dulu melihat-lihat apakah ada polisi diskitar kalau gak ada berarti aman.

4. Larangan batasan kecepatan

Rambu ini berisi larangan untuk melebihi kecepatan yang tertera di rambu dalam hal ini 80km/jam. Rambu ini biasanya banyak terdapat di jalan tol atau di dalam kota, tapi seperti yang kita tahu larangan hanyalah sebatas larangan kenyataannya dijalan-jalan tol banyak yang memacu mobilnya diatas kecepatan maksimal yang dianjurkan atau banyak dari kita yang ugal-ugalan didalam kota. Beberapa alasan yang paling umum adalah karena lagi sepi, buru-buru, sampai alasan karena hobi balapan

5. Larangan masuk

Rambu ini berisi larangan masuk bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor, biasanya rambu ini banyak di jalan jalan satu arah, bagi beberapa pengguna jalan rambu ini dianggap merepotkan karena berarti harus mencari jalan atau harus memutar jauh , karena itu hal ini memicu para pelanggar rambu lalu lintas.


Lima rambu lalu lintas diatas semuanya berdasar pada pengalaman dan pengamatan saya selama menjadi pengguna jalan dan disini saya tidak ada maksud untuk memojokkan salah satu pihak cuma sekedar sharing dan berbagi informasi, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources