Wednesday 6 November 2013

7 Kebiasaan sederhana penghematan energi listrik rumah tangga

Untuk dapat menghemat listrik ternyata bisa dengan cara-cara yang sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang, berikut ini adalah 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik.

1. Cabut steker dari stop kontak 
Kebiasaan sederhana ini maksih jarang kita lakukan, padahal dengan selalu mencabut  steker dari stop kontak selain bisa menghemat energi listrik juga bisa membuat alat listrik menjadi lebih awet karena tidak adanya arus listrik yang mengalir. Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah selalu mencabut steker ketika sudah selesai mencharge hp.

2. Matikan lampu yang tidak terpakai
Ketika menonton TV bersama-sama di ruang keluarga ada baiknya kita matikan lampu yang tidak terpakai, misalnya dikamar-kamar, kamar mandi, dapur. Selain bisa menghemat pemakaian listrik tentunya juga bisa memperpanjang usia lampu Anda.

3. Pakai lampu hemat energi
Selain mematika lampu yang tidak terpakai untuk penghematan listrik juga bisa dengan mengganti lampu hemat energi, dengan lampu ini akan didapat konsumsi daya yang lebih rendah dengan tingkat cahaya yang lebih terang dan pastinya lebih awet. Mungkin pada awalnya akan tersa mahal karena harga lampu ini masih terbilang mahal, tapi efek kedepannya tentu akan kita rasakan.

4. Pakai timer ketika menonton TV
 Ketika malam hari ketika menonton TV ada baiknya kita gunakan timer, ini untuk menghindari kebiasaan ketiduran ketika menonton TV yang tentunya pemborosan energi.

5. Nyalakan pompa air secukupnya
Menurut saya Pompa air menyumbang paling banyak dalam konsumsi energi listrik, hal ini dikarenakan energi yang digunakan unuk memutar motor listrik pompa sangatlah besar. Hal ini bisa diakali dengan cara menghemat air, dan membuat tandon air biar tidak sering menyalakan pompa.

6. Matikan komputer/laptop yang tidak terpakai
Biasanya ini kebiasaan anak kost-kostan yang tidak mau mematikan komputer padahal tidak terpakai, alasan yang paling umum adalah karena sudah membayar listrik tiap bulannya. Padahal ini bukanlah masalah sudah membayar atau bukan tapi masalah penghematan energi untuk masa depan.

7. Setrika baju ketika sudah banyak
Menyetrika baju ketika sudah banyak juga mempengaruhi konsumsi daya listrik, karena jika kita menyetrika energi yang banyak terpakai adalah untuk awal pemanasan setrika setelah mencapai suhu konstan konsumsi energi menurun. Jadi ada baiknya jika kita menyetrika baju sekaligus daripada satu-satu.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources