Wednesday 6 November 2013

Beberapa modus baru penipuan

Mungkin sudah banyak yang tahu para modus penipuan yang ada di Indonesia, mulai dari sms menyuruh transfer uang karena saudara kecelakaan atau telepon yang mengatasnamakan bank tertentu. Tentunya kita yang sudah biasa membaca berita penipuan sudah tau dan bisa membedakan yang menipu dan asli, tapi tahukah Anda ternyata dari waktu kewaktu para penipu juga semakin pintar dan tentunya modus tipuannya juga semaki bervariasi. Apa saja modus baru penipu? simak artikel dibawah ini.

1. Penipuan hadiah bank
Jika anda mendapat sms yang mengatasnamakan bank yang memberitahukan anda mendapatkan hadiah tentunya anda tidak akan percaya begitu saja, tetapi jika disms disertai alamat website untuk melihat nomer hp pemenang maka anda mungkin akan tertarik untuk membukanya dan disitu memang tercantum nomer hape anda. Untuk orang awam mungkin hal ini akan membuat Anda percaya apalagi jika design website seperti aslinya dan kebetulan anda mempunyai rekening dibank tersebut, saran saya jika Anda tidak merasa mengikuti undian maka abaikanlah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengumuman undian, kecuali jika pengumuman undian melalui tv atau website resmi.


2. Penipuan modus lowongan pekerjaan
Buat para jobseeker patut berhati-hati karena sekarang banyak lowongan palsu yang beredar di iklan-iklan online. Untuk modusnya sendiri biasanya melalui blog-blog gratisan dan lowongan yang ditawarkan juga dari perusahaan ternama. Cara untuk mengetahuinya bisa dengan melihat alamat email yang tercantum di iklan yang digunakan untuk mendaftar, apabila masih menggunakan email gratisan (yahoo, gmail) maka bisa dipastikan lowongan itu palsu karena untuk recruitment pegawai perusahaan besar tidak akan menggunakan email gratisan, selain itu jga bisa dengan mengecek di website resmi perusahaan apakah sedang ada lowongan atau tidak. Pencurian identitas ini sangat berbahaya karena bisa digunakan untuk menipu kita kedepannya


3. Penipuan dengan modus salah sambung
Pernah ada orang asing menelepon yang misalnya ingin bicara dengan si A  tapi ternyata salah sambung dan kita bicara ini si B. Hati-hati gan itu bisa bisa jadi adalah orang yang berniat menipu mungkin setelah tahu nama Anda sebenarnya dia akan mengirim sms ke anda tentunya dengan mencantumkan nama Anda yang tentunya akan membuat anda lebih percaya.

4. Penipuan modus invite pin BB
Ini yang sedang trend sekarang karena banyaknya pengguna baru BBM android dan juga pengguna lama yang ingin hijrah ke BBM android. modusnya cukup simpel sms ke nomor acak yang isinya memberitahukan untuk kita menginvite pin BB yang tercantum disms. Ini juga termasuk pencurian identitas karena jika kita sudah berteman maka identitas kita, nama, photo, aktivitas dan lokasi bisa dicuri.

1 komentar:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources