Friday 8 November 2013

6 Modifikasi motor simple tapi menyusahkan pengguna

Modifikasi memang bisa membuat motor kita beda dan tentunya akan membuat kita bangga, tapi jika modifikasi itu malah menyusahkan dan bahkan membahayakan si pengguna tentunya modifikasi itu sangat tidak dianjurkan. Berikut ini beberapa modifikasi yang simple tapi membahayakan.

1. Copot spion atau pakai spion variasi
Yang paling simple tentunya adalah melepas spion ini biasa dilakukan oleh para biker yang masih bocah atau pemula, tentunya dengan harapan motor lebih keren karena seperti moto gp dan motor juga lebih ramping sehingga bisa lebih mudah selap-selip kemudian ada alasan yang lebih konyol lagi yaitu motor bisa lebih aerodinamis. Kemudian karena takut ditilang polisi banyak yang mengganti spion standart dengan variasi yang lebih pendek, hal ini menurut saya sia-sia karena spion variasi (yang murah) bisanya untuk melihat kebelakang kurang sempurna atau malah tidak kelihatan dan cuma bisa buat ngaca.

2. Melepas filter udara
Para modifikator beranggapan dengan melepas filter udara bisa meningkatkan tenaga dari motor karena udara yang terhisap semakin banyak karena semakin minim hambatan. Secara teori memang benar tapi dalam prakteknya belum tentu benar karena jika tidak dibarengi dengan settingan karbu yang tepat malah hanya akan membuat mesin jadi brebet dan tenaga akan ngedrop, efek selanjutnya yaitu mesin menjadi lebih boros karena dalam mesin 4 tak karburator selain menghisap juga menyemburkan gas campuran bensin dan udara yang tidak masuk ruang bakar jika masih ada box filter udara maka gas bisa terhisap kembali, kalau bok dilepas maka tentunya gas itu akan langsung hilang. Efek jangka panjangnya yaitu mesin akan lebih cepat rusak karena udara kotor bisa langsung masuk ke ruang mesin tanpa adanya penyaringan. Modif ini menyusahkan jika kita berkendara ketika hujan, karena takut mesin mati.


3. Pakai ban kecil
Memakai ban kecil dengan harapan motor bisa berlari lebih kencang karena beban mesin berkurang untuk memutar roda, secara teori memang benar tapi untuk aplikasi harian sangat tidak dianjurkan. Ini dikarenakan memakai ban kecil akan sangat rawan untuk ban selip atau ngesot apalagi kalau hujan dan juga ban rawan meletus jika dibuat jalan jauh dan tentunya tingkat kenyamanan berkendara berkurang. Modif ini sangat berbahaya bukan buat si pengguna saja tapi juga buat orang lain karena jika sipengguna jatuh karena ngesot maka bisa mengancam pengguna motor lain juga.

4. Ganti knalpot
Mengganti knalpot tentunya dengan harapan tarikan motor meningkat dan suara menjadi lebih seperti moge enak buat bleyer, tentunya ini tidak salah tapi jika salah memilih knalpot suara motor malah menjadi cempreng dan malah Anda akan dianggap anak kampungan dan tentunya pikirkan konsumsi BBM anda yang menjadi lebih boros.


5. Motor ceper
Motor ceper = motor keren mungkin iya jika untuk kontes, tapi jika untuk harian menurut saya sangat tidak dianjurkan karena malah akan menyusahkan penggunanya apalagi jika sedang melawati polisi tidur, bahkan saya sering melihat sipengguna sampai berdiri dari motornya ketika melewati polisi tidur.

6. Jok tipis
Memapas jok supaya bodi belakang terlihat ramping dan meruncing tentunya sah-sah saja, tetapi jika nantinya motor Anda buat jarak jauh tentunya Anda akan merasakan panasnya pantat anda. Jok standart saja buat perjalanan jauh masih kurang nyaman apalagi dipapas.


Nah diatas adalah contoh beberapa modifikasi simple tapi bisa menyusahkan penggunanya, tetapi jika Anda pengguna yang sudah siap dengan segala resiko maka tidak masalah untuk dicoba karena akan membuat motor anda menjadi keren dan terlihat berbeda.



0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources