Tuesday 5 November 2013

Unsur Indonesia Dalam Anime One Piece

One piece adalah mangan yang menceritakan tentang kehidupan bajak laut yang tentunya sudah sangat dikenal dikalangan pecinta anime. Tapi tentunya banyak yang tidak tahu jika banyak pemakaian budaya Indonesia yang didalam cerita ini, apa saja itu? simak artikel dibawah ini.

1. Batik
Saat menonton arc pulau langit disitu ada god enel dan kalau diperhatikan dengan seksama celana yang dipakai sangat mirip dengan batik indonesia.

 

2. Suku shandia
Masih di arc pulau langit, yang menjadi lawan dari enel adalah suku shandia dan penampilan dari suku shandia sangat mirip dengan suku dipedalaman kalimantan yaitu suku dayak.
 


3. Markas Duval
Jika diperhatikan markas duval sang pemimpin flying fish rider sangat mirip dengan rumah adat nias 





4. Pulau jaya dan irian jaya
Kemiripan mungkin tidak pada bentuk pulau tetapi lebih kepada kata-kata dan riwayat sejarah kata “jaya” pada Irian Jaya bermakna kemenangan Irian yang berhasil melepaskan diri dari cengkraman Belanda. Sama seperti pulau Jaya yang pada saat-saat terakhir berhasil lepas dari cengkraman Enel dan menjadi tanah merdeka bagi rakyat shandia dan skypiea.  Begitu pula dengan Pulau jaya dengan bentuk tengkorak yang terpisah pun terinspirasi dari bentuk pulau irian jaya dimana bentuk pulaunya mirip seperti sebuah binatang/hewan yang terbelah karena perbedaan kenegaraan antara indonesia dengan papua new guinea.  Penduduk pulau asli pulau Jaya tidak bisa menikmati emasnya sendiri karena direbut oleh Enel dkk. Ini sama seperti Irian Jaya di mana penduduknya tidak bisa menikmati emasnya sendiri karena dieksploitasi oleh negara lain.

5. Kepulauan saboudy
Archipelago Sabaody Archipelago atau SA disebut-sebut sebagai hutan Mangrove (bakau) terbesar di dunia One Piece. Tahukah kamu di mana populasi mangrove terbesar di dunia nyata? Tepat sekali, di Indonesia.

 
6. Caimie
 DI chapter 490, Caimie diperkenalkan sebagai mermaid berjenis Kissing Gourami. DI dunia nyata, spesies Kissing Gourami berasal dari wilayah perairan Thailand hingga Indonesia. Kissing Gourami mempunyai ciri khas yaitu berwarna pink dan bentuk mulutnya yg seperti ingin mencium.

7. Southbird
Burung yang diceritakan selalu menghadap keselatan ini jika diperhatikan mirip dengan Burung Rangkong (Enggang) yang merupakan spesies endemik di Indonesia.


sumber: http://j-cul.com/unsur-indonesia-dalam-anime-onepiece/ dengan beberapa tambahan

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources