Saturday 13 July 2013

Tips menghemat air

Setelah mengetahui jika air termasuk sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui maka tentunya kita haru bisa menghemat air. Meskipun harga air di Indonesia per kubiknya masih cukup murah tapi jika membaca artikel saya diatas maka mau tidak mau kita harus mulai menghemat air dari sekarang!. Karena tidak menutup kemungkina air nantinya akan lebih mahal daripada minyak. Untuk menghemat penggunaan air ini bisa dengan berbagai cara diantaranya yaitu:

1. Gunakan air secukupnya ketika mandi
Caranya adalah bisa dengan mengganti gayung dengan ukuran yang lebih kecil diameternya, karena dengan mengganti lebih kecil maka air yang kita gunakan untuk mandi juga lebih sedikit. Kemudian kita juga bisa menandai posisi air ketika mandi misalnya kita mandi cuma menggunakan air satu ubin dan sebagainya.

2. Ganti peralatan mencuci dengan ukuran lebih kecil
Jika Anda keluarga kecil maka sebaiknya Anda ganti peralatan mencuci denga ukuran lebih kecil, hal ini dikarenakan ukuran bak yang lebih kecil akan membuat kebutuhan air untuk merendam menjadi lebih sedikit daripada bak ukuran besar, dan tentunya ini bisa menghemat pengeluaran air Anda.

3. Cucian besar sebaiknya di laundry
Untuk jaket tebal, sprei, selimut sebainya kita cuci di laundry saja, karena biasanya lebih cepat, bersih dan wangi tentunya ini akan menghemat pengeluaran air Anda.

3. Matikan air jika sudah malam
Jika sumber air kita PDAM maka kita bisa mengatur bukaan keran utama yang menuju ke rumah kita. Jadi misalnya kita buat aturan setelah jam tujuh malam maka air PDAM tidak boleh menyala lagi, maka dengan begini kita akan menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan air kurang dari jam tujuh dan akan menghemat air ketika sore karena jika habis kita tidak boleh menyalakan air lagi, ya dengan catatan kita tidak melanggar peraturan sendiri.

4. Menyiram tanaman disiang sore hari
Jika Anda penggemar tanaman maka lebih baik kita siram tanaman cukup sore hari, karena jika pagi hari kita menyiram maka tidak sampai siang air itu akan menguap dan ini akan percuma dan hanya memboroskan air.

Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources