Monday 1 July 2013

Air ternyata sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Air yang dulu waktu kita SD dijelaskan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui sekarang keberadaannya semakin memprihatinkan. Sumber-sumber air yang dulu tidak pernah kering meskipun bulan kemarau sekarang pada musim penghujanpun sudah banyak yang kering. Dulu dijelaskan siklus air di bumi sebagai berikut



pertama dimulai dari penguapan air laut, tanaman dan danau oleh sinar matahari. Setelah menjadi uap maka maka uap air mengumpul ke atas menjadi awan setelah itu awan atau uap air mengalami kondensasi atau pengembunan menjadi titik-titik air turun kembali ke bumi dalam bentuk hujan.

Setelah turun hujan air masuk ke pori-pori tanah kemudian terperangkap oleh akar-akar pohon dan muncul kembali dalam bentuk sumber air, karena itu sumber air kebanyakan muncul di hutan karena semakin banyak air yang terperangkap oleh akar pohon maka semakin besar pula sumber air yang terbentuk. Sumber air itu ada yang muncul ke permukaan dalam bentuk aliran sungai, ada pula yang harus dibor terlebih dahulu untuk mendapatkannya, dan akhirnya aliran-aliran sungai tersebut akan bermuara ke laut dan akan terus berulang.

dilihat dari siklusnya terlihat air didunia ini tidak akan pernah habis, tapi kenyataannya sekarang banyak sumber air yang kering. Hal ini dikarenakan kita merusak salah satu faktor penting yang menjaga siklus air yaitu hutan. Jika hutan gundul maka air hujan akan langsung mengalir tanpa ada yang menghalangi dan akibatnya banyak terdapat banjir dan  air hujan itu juga langsung mengalir ke laut sehingga tidak ada penyimpanan air tanah yang menyebabkan sumber air mengecil bahkan lama-lama menjadi kering.

Jika dilihat memang air  merupakan sumber daya alam yang bisa diperbarui karena jumlahnya memang tidak bisa habis tapi yang harus dipikirkan adalah jumlah air bersih yang ada di permukaan bumi ini lama-lama bisa habis dikarenakan tidak adanya sumber air yang memadai. kaena itu mulai sekarang kita harus mulai berhemat air karena bukan tidak mungkin nanti harga air perliternya bisa lebih mahal daripada minyak bumi.

terimakasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources