Sunday 14 July 2013

Jenis-jenis SPBU pertamina

Pecinta Otomotif mungkin sudah banyak mengetahui bahwa SPBU selain SPBU milik pertamina (pemerintah) juga sudah banyak dikelola oleh pihak swasta, bahkan jumlah SPBU yang dikelola swasta jauh lebih banyak dari milik pemerintah (pertamina). Berbagai pendapat mengatakan bahwa mengisi bensin di Pom Bensin milik Pemerintah memiliki kualitas yang lebih baik
dibandingkan mengisi bensin di SPBU swasta baik dalam hal kualitas bensin (nilai oktan), pelayanan, dan beberapa hal lain.

Meskipun pada dasarnya BBM baik premium maupun pertamax di Indonesia di impor oleh satu perusahaan yakni pertamina akan tetapi pada retailernya tidak hanya pertamina saja yang melakukan, bahkan jika perorangan memiliki uang yang cukup banyak 3-10 M bisa membuat SPBU. Hal ini yang membuat dilema jika pengusaha tersebut jujur tidaklah masalah pada konsumen, jika pengusaha SPBU sedikit saja memiliki niat yang kurang baik untuk cepat mendapatkan balik modal tentunya sangat merugikan konsumen.

Kode SPBU Pemerintah dan Swasta
Seluruh Pom Bensin yang ada di indonesia terbagi menjadi 3 berdasarkan pengelolaan dan kepemilikannya, antara lain:
1. COCO (Corporate Owned Corporate Operated), yakni SPBU milik pertamina yang dikelola oleh pertamina sendiri.
2. CODO (Company Owned Dealer Operated), yakni kerjasama pemanfaatan lahan untuk membangun SPBU
3. DODO (Dealer Owned Dealer Operated), SPBU milik swasta
 kita akan coba mengetahui kepemilikan SPBU apakah milik pertamina ataukah milik swasta, kepemilikan ini bisa diketahui dengan membaca kode yang tertera pada neonbox depan yang biasanya berwarna merah.
Dari ke 3 jenis SPBU di atas, menurut sebagian besar orang yang terbaik adalah nomor 1 kemudian diikuti nomor 2 dan terakhir nomor 3, pecinta otomotif dapat mengetahui/ membedakan ke Pom Bensin tersebut dari kode maupun logo pada sekitar Pom Bensin
Membedakan SPBU masuk kategori milik Pertamina atau Swasta:
* SPBU milik pertamina (COCO) memiliki kode angka ke dua adalah 1

* SPBU tipe CODO ataupun DODO memiliki kode SPBU dengan angka ke 2 adalah 4
Kita hanya perlu melihat angka ke 2 pada kode SPBU tersebut untuk membedakan yang COCO dengan yang lain.
Membedakan SPBU milik Swasta (DODO) dengan yang lain (COCO atau CODO), caranya adalah dengan melihat logo Pasti Pas.
* Logo Pasti Pas pasti ada pada SPBU COCO,
* Sebagian besar SPBU CODO juga sudah memiliki logo ini
* Jika SPBU belum memiliki logo Pasti Pas biasanya itu adalah DODO (milik swasta).

SPBU yang memiliki logo Pasti Pas adalah SPBU yang memiliki sertifikat kelas internasional, sertifikasi Pasti Pas ini dilakukan oleh auditor internasional independen (Bureau Veritas) yang mengaudit pelayanan SPBU internasional. Auditor ini memeriksa SPBU mulai dari kualitas bahan bakar, kuantitas bahan bakar, pelayanan SPBU, kondisi peralatan dan fasilitas SPBU, penawaran produk, pelayanan tambahan, keselarasan format fasilitas. Sertifikat Pasti Pas ini juga selalu ditinjau dalam beberapa bulan sehingga jika pelayanan menurun bisa jadi sertifikat pasti pas tersebut di copot dari SPBU tersebut.





sumber : http://www.mobilku.org

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources