Sunday 7 July 2013

Tips menghemat battery laptop

Sebagai pengguna laptop kalian semua pasti pernah mengalami keadaan kehabisan battery padahal sedang asik-asiknya main internet dengan wifi gratisan di kampus. Nah untuk itu sebaiknya simak terus artikel dibawah ini supaya Anda tidak cepat kehabisan battery atau setidaknya bisa menunda dari kehabisan battery dan menemukan sumber daya listrik, sebelumnya baca juga cara mengetahui kondisi battery laptop

1. Atur screen brightness keposisi minimum
Dengan mengatur brightness ke posisi minimum maka konsumsi battery untuk layar akan berkurang, dan tentunya akan menambah waktu menyala battery.

2. Matikan suara
Jika tidak digunakan untuk video call atau streeming youtube sebaiknya matikan saja suara laptop, karena kadang ada website yang menggunakan background suara waktu kita membuka. Meskipun efeknya kecil tapi setidakanya akan menambah umur battery Anda.

3. Matikan proses yang tidak berguna
Semakin banyak proses yang berjalan sewaktu laptop dalam keadaan standby maka semakin banyak pula konsumsi daya yang diambil dari battery, hal ini dikarenakan prosesor membutuhkan daya yang lebih besar ketika melakukan proses. Jadi sebaiknya kita matikan saja proses yang tidak berguna.

4. Bebaskan USB dari peralatan tambahan
Jika Anda biasa mencharge HP dengan laptop atau menggunakan fan tambahan dengan listrik dari usb laptop maka sebaiknya tidak Anda gunakan sewaktu tidak ada sumber daya listrik. Karena peralatan tambahan tersebut mengkonsumsi battery yang sangat besar.

5. Gunakan software penghemat battery
Biasanya untuk laptop-laptop terbaru terdapat software bawaan untuk menghemat battery. Dan tiap merek biasanya berbeda-beda softwarenya. Cara kerjanya yaitu dengan menurunkan kecepatan prosesor, yang tentunya akan menghemat konsumsi battery. Biasanya ada tiga pilihan yaitu game untuk performa, multimedia untuk sekedar hiburan dan  office sekedar mengetik saja, efek dari software ini sangat berasa jika biasanya mode game laptop bisa menyala 1,5 jam maka jika mode office bisa 3,5 jam bahkan lebih. Tapi biasanya ketika dalam mode office laptop kita jadi agak lemot, dan ini wajar karena kecepatan prosesor menurun tapi ini sebanding dengan performa battery yang Anda dapatkan.

sekian

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources