Saturday 13 July 2013

Tips atau cara menghemat BBM

Harga BBM sudah naik, tentunya pengeluaran kita untuk membeli BBM semakin naik pula, tapi sebenarnya ada cara untuk menghemat pengeluaran kita tentunya maka perhatikan tips di bawah ini.

 1. Jangan memanaskan mesin kendaraan terlalu lama
Untuk kendaraan jaman sekarang tidak usah memanaskan kendaraan terlalu lama dan tidak perlu setiap hari juga, cukup 30 detik - 1 menit sudah cukup. Hal ini dikarenakan untuk kendaraan modern sistem pelumasannya sudah bagus dan didukung teknologi oli jaman sekarang  yang bisa menempel di mesin meskipun mesin sedang tidak menyala, sehingga untuk memanaskan tidak usah terlalu lama. Memanaskan mesin terlalu lama justru malah membuat knalpot menjadi kuning dan cepat berkarat. dan tentunya bahan bakar terbuang ketika memanasi kendaraan.

2. Jangan terlalu sering bermain gas
Jika ingin menghemat BBM maka jangan sering-sering bermain gas atau buka tutup gas, misalnya saat start kita sering langsung membetot gas maka jika ingin menghemat BBM maka santai saja dalam membuka gas, begitu juga jika dijalan penggantian gigi tidak perlu sampai putaran maksimal, cukup putaran menengah atau rendah (ketika santai) hal ini dikarenakan semakin tinggi putaran mesin maka semakin banyak pula konsumsi bahan bakar.

3. Econo riding
Untuk bisa maksimal dalam menghemat BBM kita bisa melakukan econo riding, yaitu ketika konsumsi bahan bakar seefisien mungkin. Untuk motor - motor standart 100 -125 cc titik econo riding biasanya pada kecepatan 40 - 60 km/jam dan putaran mesin jangan terlalu tinggi.

4. Hindari kemacetan
Mungkin banyak yang tidak tahu kalau jalanan macet ternyata membuat konsumsi kendaraan lebih boros, hal ini dikarenakan ketika kendaraan macet tentunya kendaraan berhenti dalam keadaan mesin menyala yang tentunya mebutuhkan konsumsi bahan bakar, kemudian ketika macet tentunya kendaraan dalam keadaan stop and go atau jalan pelan dan kemudian berhenti lagi apalagi untuk orang yang tidak sabaran biasanya langsung betot gas jika ada ruang kosong sedikit ini justru malah membuat konsumsi bahan bakar meningkat karena mesin membutuhkan energi yang sangat besar ketika start.

5. Kurangi perjalanan yang tidak perlu
Jika dulu Anda sering jalan jalan menggunakan kendaraan bermotor, misalnya dua kali dalam seminggu maka ada baiknya Anda kurangi kebiasaan itu misalnya cuma satu kali dalam seminggu dan satu kali lagi jalan - jalan tapi bisa menggunakan sepeda atau diganti acara lain. Ini tentunya bisa mengurangi pengeluaran BBM Anda.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources