Monday 24 June 2013

Tips Bermain Game Dengan Lancar Tanpa Lag di Smartphone Android



Saat ini smartphone dan tablet menawarkan game-game yang menarik. Tak terkecuali smartphone dan tablet berbasis Android. Sebut saja beberapa game menarik seperti Angry Birds Space, Tank Hero, Brain & Puzzle dan Air Attack.  Game-game ini tak hanya disenangi oleh orang-orang dewasa, anak-anak pun mulai kecanduan dengan game-game ini. Bermain game tidak lagi dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang, tetapi sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari selama berjam-jam. Namun kadangkala keasyikan bermain game ini terganggu dengan munculnya beberapa masalah. Misalnya saja game yang tiba-tiba terhenti tanpa sebab atau game yang mengalami restart tanpa diperintahkan. Menyebalkan, bukan? Nah, agar main game lancar di Android Anda, cobalah beberapa tips bermain game berikut ini.

Pilih Game Sesuai Spesifikasi Android
Tips bermain game yang pertama adalah memperhatikan spesifikasinya. Setiap smartphone dan tablet tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Ketika Anda hendak memasang sebuah game, perhatikanlah terlebih dahulu spesifikasi smartphone atau tablet Android Anda. Cermati pula spesifikasi game yang hendak Anda pasang. Misalnya saja untuk game 3D terbaru, dibutuhkan CPU dual core 1Ghz-1,5Ghz agar main game lancar.
Sedangkan untuk memori, paling tidak dibutuhkan memori sebesar 768Mb. Perangkat Android dengan memori 512Mb hanya bisa menjalankan game denga

n kemampuan yang terbatas. Selain CPU dan memori, GPU juga berpengaruh terhadap kelancaran bermain game. Agar main game lancar, terutama untuk memainkan game 3D paling tidak dibutuhkan GPU Tegra 2, Tegra 3, Adreno 225 atau Mali 400MP.
Nah, bila spesifikasi smartphone atau tablet Android Anda tidak sesuai untuk sebuah game, sebaiknya tak perlu memaksakan diri memasang game itu. Sebab ujung-ujungnya, game itu tak bisa dimainkan dengan mulus atau bahkan terhenti tiba-tiba saat Anda sedang memainkannya. Pilih saja game-game yang sesuai dengan spesifikasi perangkat Android Anda agar main game lancar.

Lakukan Overclock
Cara ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan performa Android Anda agar main game lancar dan aktivitas lainnya pun tidak terganggu. Namun perlu diperhatikan bahwa dengan melakukan overclocking ini, baterai Android Anda menjadi lebih boros dan juga perangkat menjadi lebih cepat panas. Untuk melakukan overclock ini dibutuhkan aplikasi pendukung seperti aplikasi SetCPU. Aplikasi SetCPU ini berfungsi mengubah setting CPU pada perangkat Android, baik untuk overclock maupun untuk underlock.
Dengan aplikasi SetCPU, Anda bisa mengubah kecepatan CPU atau prosesor di keadaan tertentu, misalnya saja ketika digunakan untuk bermain game agar main game lancar. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan overclocking agar overclocking dilakukan dengan tepat dan tidak merusak perangkat Anda.

Meminimalkan Aktivitas
Agar main game lancar dan perangkat Android dapat bekerja maksimal, sebaiknya nonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan selama game berjalan. Misalnya saja, Anda bisa menonaktifkan koneksi internet supaya tidak muncul notifikasi dari aplikasi-aplikasi messenger yang bisa jadi menghentikan game dengan tiba-tiba. Atau dengan cara lain, Anda bisa mematikan notifikasi real time dengan cara menonaktifkan Background Mode agar main game lancar dan tanpa gangguan.

Hilangkan Aplikasi yang Tak Berguna
Android menawarkan beragam aplikasi yang menggiurkan para penggunanya. Para pengguna Android pun berlomba-lomba memasang beragam aplikasi demi menyempurnakan fungsi perangkat mereka.  Tetapi coba lihat di perangkat Android Anda, ada berapa aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan sama sekali tak tersentuh? Nah, aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan atau tak pernah dipakai ini tentu akan memberatkan kerja Android, sebab sebagian aplikasi ini tetap berjalan di background meski Anda tidak pernah menggunakannya.
Tak hanya berjalan di background saja, aplikasi-aplikasi yang Anda pasang membutuhkan memori yang lebih besar bila sudah terinstal. Aplikasi yang  Anda download berukuran 20MB bisa memakan ruang memori sebesar 40MB jika sudah terinstal. Tentu saja ini akan membebani perangkat Anda. Untuk itu sebaiknya hilangkan atau uninstall saja aplikasi-aplikasi tersebut supaya performa perangkat Android meningkat dan agar main game lancar.
Selain menghilangkan aplikasi-aplikasi yang tidak berguna agar main game lancar, pindahkan pula file-file yang menumpuk di perangkat Android Anda. Misalnya saja foto-foto atau file musik yang berlebihan. Anda bisa memindahkannya ke komputer atau laptop agar perangkat Android tak kelebihan beban. Sebab file-file yang terlampau banyak ini hanya akan memenuhi memori dan membuat perangkat Android Anda berjalan lambat lebih-lebih saat dipakai untuk bermain game.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources