Saturday 22 June 2013

5 Cara jitu mendapatkan ide atau inspirasi

Apakah kalian pernah mengalami kesulitan mendapatkan ide? Tenang…karena sekarang ada cara jitu untuk mendapatkan ide.

1. Cari referensi
Ide itu ada dimana-mana. Kalau sedang buntu segera cari referensi yang mudah didapat. Referensinya bisa berupa buku, koran, majalah, TV, dan radio. Misalnya ada majalah lama di rak buku tidak ada salahnya untuk dibaca karena mungkin dengan begitu kita bisa mendapat ide baru.

2. Berjalan-jalan
Ide juga bisa didapat saat berjalan-jalan. Apa yang kita lihat dan kita dengar, pasti bisa membuat otak mendapat sesuatu yang cemerlang. Misalnya kita melihat kucing sedang mencari makan di tong sampah. Kota mendapat ude untuk membuat cerpen tentang kucing jalanan yang malang.

3. Membayangkan
Hentikan sejenak kegiatan kita, lalu bayangkan apa yang ada dihadapan kita. Hmm… Ide pasti datang. Misalnya ada kucing sedang tidur. Mulailah membayangkan sesuatu sambil membuat pertanyaan kepada diri sendiri. Contohnya, “Bagaimana seandainya kucing itu dibangunkan? Marah tidak ya? Jangan-jangan sedang bermimpi yang sangat indah? MImpi apa ya?” Pertanyaan berandai-andai merupakan ide lho, yang mungkin selama ini kita cari.

4. Melakukan sesuatu yang kita sukai
KIta masih buntu, cobalah melakukan melakukan sesuatu yang kita sukai. Contohnya menyendiri sambil mendengarkan lagu dan menyimak syairnya, atau melamun diatas tempat tidur dan mengetukkan kaki berkali-kali. Hmm… saat melakukan itu, biasanya ide tiba-tiba akan muncul.

5. Mengobrol dengan seseorang
Mengobrol dengan seseorang juga bisa menjadi sumber ide. Tidak percaya? Cobalah simak baik-baik komentar serius atau celotehan ngawur teman bicara kita, karena kadang itu bisa menjadi ide cemerlang buat kita.

Sumber : Majalah SMASS edisi 5, November 2009

2 komentar:

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources