Thursday 15 August 2013

Nasionalisme

Setiap mau tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia pasti merayakan hari kemerdekaan Indonesia, biasanya dengan mengikuti upacara bendera bagi murid sekolah dan PNS, selain itu bisa dengan acara-acara tradisional panjat pinang dan lain-lain yang biasanya dilakukan di desa-desa. Dan setiap tanggal bulan Agustus biasanya rasa nasionalisme kita meningkat dibanding bulan-bulan biasa karena biasanya kita mengibarkan bendera di depan rumah yang tentunya menambah rasa nasionalisme kita.

Tapi apakah kita pernah berpikir bahwa rasa nasionalisme kita sebenarnya sangat-sangat rendah hal ini bisa dibuktikan dengan fenomena-fenomena yang terjadi di masayarakat sekitar kita.

1. Anak muda sekarang tidak tahu sejarah bangsanya sendiri
Disadari atau tidak anak muda jaman sekarang tidak terlalu tertarik dengan sejarang bangsanya sendiri, bahkan mereka lebih suka mempelajari sejarah bangsa lain

2.  Anak muda sekarang kebanyakan tidak tahu lagu wajib
Kebanyakan dari kita hapal lagu wajib hanya ketika kita SD, tapi setelah SMP dan SMA tidak ada lagi keharusan untuk menghapal lagu lagu wajib dan akhirnya kitapun melupakannya.

3. Kita lebih bangga menggunakan produk luar negeri daripada produk dalam negeri
Untuk hal ini tidak tua tidak muda dan juga tidak anak-anak hampir semuanya akan menjawab lebih menyukai dan bangga memakai produk luar negeri daripada produk dalam negeri, hal ini mencakup dalam segala hal seperti fashion, teknologi, otomotif hingga pendidikan. sebagai contoh saya ambil sparepart fan belt mobil nissan elgrand yang merupakan mobil CBU yang tentunya sparepartnya juga impor, tapi di fan belt nya sendiri tertulis made in indonesia dan dikertas pembungkusnya baru tertulis made in japan. Hal ini tentunya membuktikan kalau kita memproduksi barang sendiri kemudian menjual barang kita keluar negeri dan membelinya kembali dengan harga yang lebih mahal, dan saya yakin selain dalam hal sparepart masih banyak contoh yang lain.

Sebenarnya turunnya rasa nasionalisme kita tidak serta merta salah dari masyarakatnya tapi juga dari berbagai pihak antara lain:

1. Acara TV
Acara TV sekarang kebanyakan hanya memperlihatkan kemewahan yang memperlihatkan pemakaian barang-barang impor dan mewah, padahal kalau mau menggunakan produk dalam negeri tentunya akan menjadi promosi juga bagi produk kita.

2. Kurangnya penghargaan 
Kita tentu sudah sering mendengar kurangnya kesejahteraan kepada para veteran jaman kemerdekaan dan juga kepada para atlit yang dulu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Hal ini tentunya membuat orang-orang takut untuk menjadikan atlit sebagai pekerjaan utama dan jika memang mempunyai bakat besar lebih memilih ke luar negeri.

3. Kurangnya kepedulian pemerintah
tentunya kita sudah sering medengar tentang kasus reog ponorogo yang mencoba direbut malaysia dan juga sengketa sipadan dan ligitan yang sekarang jatuh ke malaysia.

Sekian artikel saya tentang nasionalisme saya disini tidak bermaksud untuk menyalahkan salah satu pihak tapi semata-mata hanya untuk meningkatkan nasionalisme bangsa kita.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources