Thursday 15 August 2013

Fenomena bulan puasa di Indonesia

Bulan puasa memang sudah lewat, tapi disadari atau tidak banyak yang tidak kita sadari selama bulan puasa kemarin ataupun bulan puasa yang sudah-sudah. Apa saja? simak terus artikel berikut ini.

1. Bulan puasa harga kebutuhan pokok semakin naik
Setiap memasuki bulan puasa kita akan disibukkan oleh berita di TV tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, tidak peduli di perkotaan atau pedesaan yang terjadi sama saja harga kebutuhan pokok selalu naik. Padahal kalau dilogika dengan akal sehat waktu bulan puasa waktu makan kita juga terbatas sehingga ibu-ibu dalam berbelanja juga lebih sedikit dan bisa dikatakan kebutuhan pangan menurun, dan sesuai hukum ekonomi jika permintaan menurun maka harga juga ikut turun. Tapi di Indonesia hal ini tidak sesuai.

2. Kebutuhan bulanan naik
Dikarenakan harga kebutuhan pokok naik maka kebutuhan bulanan pun ikut naik. Namun untuk anak kost terutama laki-laki sebenarnya waktu bulan puasa bisa digunakan untuk penghematan seperti buka puasa di masjid. Sedangkan untuk rumah tangga mau tidak mau memang kebutuhan bulanan ikut naik dikarenakan harga pasar naik. Tapi sebenarnya bisa diatasi dengan cara berhemat contoh misalnya jika sudah membeli kolak pisang untuk takjil tidak perlu membeli es cendol dengan alasan hanya karena ingin mencoba.

3. Berat badan naik
Setelah bulan puasa berlalu berat badan kita cenderung malah naik, hal ini dikarenakan kebanyakan dari kita waktu berbuka puasa tidak terkendali dan cenderung akan memakan semua yang ada, sehingga setelah puasa bukannya berat badan turun tapi yang ada malah naik.menahan diri adalah solusi terbaik untuk masalah ini.

4. Masjid ramai di awal tapi sepi di akhir
Ketika di awal puasa masjid biasanya ramai oleh orang-orang yang sholat tarawih kemudian dilanjutkan tadarusan, tapi ketika di akhir biasanya semakin sepi. Hal ini bisa dimaklumi karena jika mendekati akhir banyak orang-orang yang pulang ke kampung halaman masing-masing, tapi selain alasan ini banyak juga yang bilang kalau diakhir-akhir yang ramai bukanlah masjid tapi mall.

5. Ngabuburit sambil godain cewek
Fenomena ini biasanya terjadi di kota-kota, biasanya para pemuda di sore hari bingung mau melakukan apa akhirnya mereka pun ngabuburit atau menunggu datangnya maghrib di tempat-tempat ramai di pinggir jalan yang banyak mahasiswi membagi takjil gratis. Sebenarnya ada cara yang lebih baik dalam menunggu berbuka yaitu ikut mendengarkan pengajian di masjid-masjid.

6. Mall-mall semakin ramai 
Biasanya mendekati lebaran mall-mall semkin ramai oleh pengunjung, entah dengan tujuan ingin membeli baju lebarankarena sedang gencar "diskon lebaran", atau sekedar jalan-jalan. Padahal semestinya ketika mendekati akhir puasa ibadah kita semakin ditingkatkan.

7. Mudik
Jika sudah mendekati libur puasa maka biasanya kita sudah tidak fokus pada pekerjaan atau kuliah dan lebih mempersiapkan mudik, selain itu banyak juga dari kita yang bolos kerjaan dan kuliah hanya untuk bisa mudik lebih dulu.




0 komentar:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources